Cara Mudah Membedakan Batu Akik Siem yang Asli dan Palsu

Cara Membedakan Batu Akik Siem yang Asli dan Palsu

Batu Akik ~ Batu Akik Siem asli – Memiliki batu akik yang asli merupakan sebuah kebanggaan bagi Anda yang merasa menyukai nya. Berbagai jenis batu akik Anda koleksi dan Anda gunakan sebagai batu cincin. Namun tingginya permintaan batu akik dengan jenis tertentu di pasaran membuat ada beberapa oknum nakal yang memalsukan batu tersebut dengan yang palsu. Ditambah lagi dengan modus mendapat keuntungan yang tinggi. Mengingat harga batu akik memang dapat dikatakan cukup fantastis.

Salah satunya adalah harga Batu Akik Siem asli. Untuk jenis batu ini Anda bisa membayar mahar senilai ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung dengan kualitas yang dimiliki oleh batu siem tersebut. Tak heran jika beberapa batu siem palsu akhirnya beredar di pasaran tanpa diketahui oleh para penggila akik. Hal semacam ini mungkin tidak akan mengganggu bagi Anda yang sudah cukup handal mengetahui mana batuan yang asli dan mana yang palsu. Namun bagaimana dengan Anda yang masih baru dalam dunia batu akik?


Batu akik merah delima atau siem

Bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli batu siem yang asli, Anda tentunya harus mengetahui dulu beberapa cara untuk membedakan batu yang asli dan yang palsu supaya Anda tidak terjebak dalam hal semacam itu. Nah, berikut ini adalah beberapa cara membedakan batu merah siem asli dan yang palsu yang paling umum sering dipraktekkan oleh masyarakat Indonesia pecinta batu akik:

Tingkat kekerasannya


Batu siem yang asli tidak mudah hancur, pecah bahkan hanya tergores sekalipun karena memiliki tingkat kekerasan hingga 9 mohs.
Serat batu

Batu akik asli memiliki bentuk serat berupa garis-garis tertentu di dalamnya. Hal semacam ini tentunya tidak di miliki oleh jenis batu sintetis atau yang palsu.
Warna yang bercahaya

Jika Anda ditawari batu siem yang katanya asli, Anda bisa mengetes keasliannya dengan menggunakan cahaya dari senter untuk menyinarinya. Jika memancarkan bias cahaya merah, maka batu ini adalah yang asli.

Demikian beberapa cara membedakan batu akik yang asli dan juga palsu. Selain itu, agar Anda tidak tertipu dalam membeli batu siem merah di sebuah tempat atau dari seseorang, ajaklah kawan atau saudara Anda yang mengetahui batuan akik dengan jelas. Orang semacam ini akan membantu Anda terhindar dari jenis-jenis batu akik yang katanya asli namun ternyata palsu.

Demikian artikel mengenai cara membedakan batu merah siem yang asli dengan yang palsu yang dapat Anda coba sendiri dengan mudah. Batu siem yang asli tentunya memiliki ukuran yang kecil dan tidak besar, mengingat batu akik asli bukanlah barang yang dengan mudah dapat ditemukan. Semoga Anda tidak tertipu dan terhindar dari oknum jahat yang tidak bertanggung jawab.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membedakan Batu Akik Siem yang Asli dan Palsu"