Batu Kinyang Air, Ciri Ciri Dan Khasiatnya Hingga Cara Merawatnya

The Akik – Meskipun ada banyak sekali jenis batu yang berasal dari negara kita, namun tidak sedikit orang yang mencari Batu kinyang air yang memiliki warna khas ini. 

Penampilan batu kinyang air ini memang sangat mirip dengan air, karena warnanya transparan, jernih dan hanya terdapat sedikit serat dengan berbeda pada bagiannya. Batu kinyang air ini bisa kita temukan di daerah Bangka, Aceh Belitung dan juga Ciliwung.

Ciri-Ciri Batu Kinyang Air

Sebelum Anda memiliki batu kinyang air yang kini memiliki harga jual lumayan tinggi ini, maka Anda harus benar-benar teliti agar tidak tertipu. Karena suasana yang sedang demam batu ini sering kali dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Bahkan membeli via online juga tidak menjanjikan keamanannya. Sehingga mengetahui ciri batu kinyang air asli sangat wajib bagi Anda yang demam dengan batu. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

1. Berwarna bening dan tembus pandang

Mungkin Anda pernah melihat batu kecubung air yang juga memiliki warna yang jernih. Namun, kedua benda ini memiliki perbedaan yang jelas.

2. Terdapat guratan halus

Untuk melihat guratan halus yang ada di dalam kinyang air, Anda bisa melihatnya dengan menggunakan kaca pembesar. Maka sebelum membelinya, lihatlah batu kinyang air ini dengan menggunakan kaca pembesar untuk melihat keasliannya

3. Menyerupai air ketika diletakkan dalam air

Untuk melihat batu kinyang air yang asli Anda bisa mencelupkannya dalam air, maka batu ini akan memiliki warna serupa dengan air. Batu ini juga tembus pandang meski berada dalam air. Jika Anda menemukan batu yang demikian maka kemungkinan batu ini asli.

4. Mudah pecah

Berbeda dengan Batu Biduri Bulan yang tidak mudah pecah, Batu kinyang air memang bukan batu kuat yang memiliki kekuatan sama dengan batu giok, apalagi permata. Sehingga batu ini akan mudah pecah jika terkena benturan keras atau terbanting. Karena tingkat kekuatannya hanya mencapai pada skala 5 hingga 6,5 mohs.

5. Dingin jika ditempelkan pipi

Ini juga merupakan ciri-ciri keaslian dari batu yang lain. Demikian juga dengan batu kinyang air asli, yang meskipun tidak termasuk pada batu keras, namun akan terasa dingin ketika ditempelkan pada pipi.

Batu kinyang air dari golongan chalcedony ini memang tidak termasuk kedalam Jenis Batu Mulia, namun keindahan yang dipancarkannya dapat membuat banyak orang jatuh hati pada kecantikannya. 

Tidak hanya cantik saat dipasang sebagai penghias cincin Anda, namun batu ini juga sangat menawan jika Anda pasang untuk hiasan pada gelang, bandul kalung atau bahkan hiasan pada anting. Batu kinyang air dan harganya merupakan sebuah bahasan paling menarik untuk diperbincangkan. Meskipun beberapa kolektor tidak berpikir panjang tentang hal ini.

Batu kinyang air yang saat ini sedang banyak dicari orang ini memiliki harga yang cukup mahal, mengingat saat ini masyarakat kita sedang demam batu akik. Meskipun bukan merupakan batu mulia, namun kinyang air ini cukup menawan untuk dimiliki. Seperti batu yang lain, batu ini juga memiliki banyak macam. Batu kinyang air es adalah salah satu batu yang sering dicari banyak orang. Pasalnya, meskipun batu ini mudah pecah namun banyak yang mencari karena batu ini termasuk langka.

Jenis Batu Kinyang Air dan Cara Merawatnya

Kelangkaan batu kinyang air ini menjadi salah satu alasan mengapa para pemburu batu suka sekali koleksi barang ini. Jenis batu akik kinyang air lain yang sering dicari banyak orang adalah kinyang embun, dan juga batu kinyang air emas. 

Masing-masing batu tersebut memiliki daya pikat yang dapat membuat orang tertarik saat melihatnya. Kekuatan batu yang hanya mencapai 5 hingga 6,5 mohs ini akan membuatnya mudah rusak. Sehingga sangat penting untuk Anda mengetahui cara memelihara batu ini secara baik dan benar.

Jika pemeliharaan batu kinyang air ini benar, maka Anda akan selalu memiliki perhiasan yang indah karena terawat, meskipun bukan permata. Batu kinyang air yang memiliki warna bening ini memancarkan aura yang menyejukkan saat dipandang. Selain kesejukan, aura ketenangan juga terdapat di dalamnya. 

 Banyak yang menanyakan batu kinyang air berasal dari mana, namun sebenarnya hingga saat ini belum banyak yang tahu asal-muasal batu ini. Sehingga sangat sulit untuk memburu keberadaannya dan menjadikan keberadaan batu ini menjadi langka. Dan umumnya orang lebih suka mengoleksi barang yang sulit didapatkan karena bisa menjadi kebanggaan tersendiri.

Meskipun ada jenis batu kinyang air dari Bangka dan dari beberapa daerah lainnya. Namun hal ini tidak cukup membuktikan asal batu tersebut. Dan ini salah satu hal lain yang membuat kelangkaan batu kinyang air ini. Karena langka maka sudah semestinya bagi Anda yang memilikinya untuk menjaga keindahannya. 

Perawatan antara batu yang satu dengan batu yang lain memang berbeda-beda, karena mereka memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Untuk jenis batu kinyang air sendiri bisa dirawat dengan mudah dengan mengoleskan minyak baby oil atau menggunakan minyak zaitun.

Dengan perawatan yang rajin pada batu kinyang air ini, maka kondisi batu yang cukup rapuh dan rawan di kelasnya ini akan tetap terlihat indah dan menawan. Dengan kondisi yang selalu indah dan menawan, maka banyak orang yang akan melirik batu Anda, bahkan rela meskipun Anda tawarkan dengan harga tinggi. 

Tidak hanya harga yang akan tinggi, namun keadaan batu ini sangat mencerminkan pemiliknya bukan? Batu kinyang air yang memiliki kejernihan luar biasa ini terbentuk dari batu cadas yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Sedangkan nama lain batu kinyang air ini adalah batu kenanga, namun meskipun namanya menyerupai bunga, batu ini tidak memancarkan bau harum seperti bunga tersebut.

Khasiat Batu Kinyang Air

Penduduk Indonesia tidak lupa selalu mengaitkan batu akik dengan fungsinya. Demikian juga dengan batu kinyang air ini yang juga disebut-sebut memiliki fungsi magis bagi para pemakainya. Maka banyak sekali pengguna batu ini yang tidak melihat warna, nama atau kekuatan massa dari batu tersebut, melainkan mereka lebih melihat kekuatan magis yang dibawa oleh batu tersebut. Batu akik yang memiliki tingkat kejernihan hampir pada seluruh bagian ini dipercaya dapat menjadi batu pengasihan. Selain sebagai pengasihan, batu ini juga dapat melindungi diri pemakainya. Gambar-

Gambar Batu Kinyang Air Asli Putih Bersih.





Baca Juga : Batu Zamrud, Khasiat dan Jenisnya

Tidak cukup dengan dua fungsi saja, batu kinyang air ini masih memiliki fungsi magis yang lainnya seperti penglaris. Sehingga banyak sekali para pengusaha dan juga pedagang yang mempercayakan usahanya ini pada segelintir batu akik.

Namun demikian, ini semua harus kita kembalikan pada yang maha Kuasa. Agar kita tidak termasuk pada orang-orang yang syirik karena mempercayai adanya kekuatan lain selain kekuatan Tuhan.

Bagaimanapun juga, batu tidak akan berfungsi seperti yang telah tersebut di atas, apabila tidak diisi oleh orang yang pandai di bidangnya. Semoga bermanfaat.