Batu Akik Bulu Macan dan Bulu Monyet

Batu akik bulu monyet dan bulu macan - Lengkap dengan gambar serta ulasan terbaru tentang batu bulu monyet yang semakin dicari di Indonesia. Batu bulu monyet ini menjadi keunikan tersendiri bagi pecinta batu atau gemologist di tanah air karena memiliki corak seperti bercak - bercak yang sangat banyak sehingga menyerupai bulu yang sangat lebat, khususnya bulu monyet.

Batu bulu monyet ini dikenal dengan sebutan lainnya adalah bulu macan, namun tidak tahu juga kenapa bisa disebut begitu, apakah karena sejenis bulu - buluan? Batu bulu monyet ini mulai naik daun dan terkenal pada awal 2014 hingga 2015 saat trend batu akik semakin meningkat. Batu bulu monyet ini tidak hanya digunakan pada tangan, tetapi terkadang dunia fashion menggunakan batu tersebut sebagai kalung juga, sehingga menjadi keunikan tersendiri bagi sang pemakai batu akik jenis ini.

Bulu Monyet

Batu Akik Bulu Macan

Melajuti penggalan kalimat diatas, batu bulu monyet ataupun bulu macan ini sejatinya menurut ahli gemologist adalah salah satu jenis batuan volkanik yang berupa Natural Glass atau disebut dengan kata lain Basaltic Glass dan merupakan jenis - jenis Natural Glass dengan kandungan silika kurang lebih 50% dan cukup sangat langka.

Batu bulu macam dan bulu monyet memiliki beberapa perbedaan yaitu : Batu bulu macam memiliki warna hitam dengan kilatan emas agak keabu - abuan Batu bulu monyet memiliki warna hijau dengan kilatan berwana putih Menurut mineralnya sendiri, batu bulu monyet ini memiliki kandungan mineral Pietersite Quartz, sedangkan batu bulu monyet adalah Seraphinite.

Memang agak sulit untuk membedakan kedua jenis batuan ini, sehingga bagi yang ingin membeli batu akik jenis ini harus memiliki pengamatan lebih jeli, yang mana untuk membeli bulu monyet dan yang mana bulu macan. Berdasarkan referensi diatas, sebutan ahli gemologist untuk batu akik jenis ini adalah Batu bulu monyet (Natural Neraphinite) dan Batu Bulu Macan (Natural Tiger’s Glass)

Untuk kekerasannya sendiri, batu akik jenis ini memiliki kekerasan sekitar 6 skala mohs, sehingga bagi pecinta akik harus lebih hati - hati untuk menjaga batu jenis ini jika beradu dengan batu akik jenis lainnya yang lebih keras seperti kecubung, maka batu ini akan tergores, sungguh di sayangkan bukan? Berdasarkan beberapa informasi yang kami dapat, untuk batu akik jenis ini sementara hanya ditemukan pada jawa bagian timur, untuk daerah lain belum diketahui keberadaannya.

Unuk negara lainnya juga terdapat jenis dari batu ini, yaitu Pennsylvania. Dan dibeberapa negara bagian lainnya termasuk New York, Arizona and New Jersey. Clinochlore (baca : Seraphinite) juga bisa ditemukan dinegara Spanyol, Switzerland, Russia, Turkey dan Italy.

Kisaran harga dari batu jenis ini adalah Rp 300.000 dengan ukuran kecil hingga jutaan jika memiliki ukuran yang besar, untuk bongkahan atau bahan mentahnya sendiri, batu jenis ini memiliki harga yang cukup mahal karena keunikan kan kesulitan menemukannya pada saat ini.

Demikian artikel tentang Batu Akik Bulu Macan dan Bulu Monyet, baca artikel lainnya di informasi batuan di theakik.blogspot.com tentang batuan lainnya, terima kasih

Posting Komentar untuk "Batu Akik Bulu Macan dan Bulu Monyet"